Endros TEKNOLOGI  PEDESAAN

Jumat, 05 September 2008

Membuahkan Jambu biji diluar musim


Jambu biji ( Psidium guajava ) Sering juga disebut jambu klutuk, jambu batu. Buahnya mengandung vitamin C yang cukup banyak. Selain dimakan segar dapat juga dijadikan jus. Baik jus buah maupun rebusan daunnya telah dimanfaatkan sebagai obat anti penyakit demam berdarah karena menurut informasi dapat menghambat perkembangbiakan plasmodium myamuk.

Sekarang jambu biji sedang banyak dibudidayakan terutama jambu merah getas. Jika terjadi panen raya harga jambu akan jatuh. Maka disini saya ketengahkan bagaimana cara membuahkan jambu biji diluar musim agar pada saat panen tidak bersamaan dengan petani lainnya sehingga harga yang diharapkan tetap tinggi.

Cara membuahkan jambu biji sebagai berikut.
Rencanakan kapan waktu jambu akan dipanen.
Hitung mundur 8 bulan sebelum panen, inilah saat tepat memberikan pupuk organic dan atau pupuk kimia.
Hitung mundur 6 bulan sebelum panen, inilah saat tepat merontok daun-daun tua, cabang-cabang kecil, memotong pucuk dan tinggalkan daun sebagian yang ada di pucuk.
Satu bulan dari perontokan tanaman akan mengeluarkan tunas-tunas baru.

Jika air mencukupi maka satu bulan kemudian akan muncul bunga-bunga baru pada setiap tunas baru tadi. Kebutuhan akan air harus selalu terkontrol, jika kekurangan air semua bunga akan berguguran. Jika kebutuhan air tercukupi maka semua bunga akan jadi buah yang diharapkan.

Untuk menghindari serangan hama penyakit serta menjaga warna dan penampilan maka setiap buah agar dibungkus plastik yang dalamnya diberi kertas Koran.

Selamat mencoba.

Saya menerima setiap saran dan masukan, segera tulis di kolom bawah ini.

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda